PPM LDII Malang Raya

Ponpes Mahasiswa LDII Malang Raya

PPM LDII Malang Membangun SDM Unggul yang Berakhlakul Karimah

Ponpes sebagai lembaga Tafaqquh Fiddin, bukan saja berperan mencetak kader-kader ulama dan pemimpin agama. Tetapi juga mencetak kader-kader intelektual sebagai motivator, dan dinamisator pembangunan di segala bidang. Karena seiring dengan majunya sains dan teknologi dewasa ini, persoalan yang dihadapi umat sangat kompleks. Maka bila Ponpes tidak membuka wawasan ke masa depan dengan melatih santrinya, maka lulusan pesantren tidak dapat berprestasi dan bersaing dengan angkatan kerja yang lebih profesional.



Untuk terwujudnya cita-cita yang dimaksud, Ponpes Mahasiswa (PPM) Malang Raya telah melakukan beberapa usaha, seperti membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlakul karimah. PPM Malang Raya juga menyiapkan tenaga-tenaga ahli dan profesional di berbagai bidang keahlian, karena para santri di ponpes ini selain menuntut ilmu agama di pondok mereka juga adalah para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Malang.

Dalam proses belajar megajar, PPM Malang Raya menempati areal pondok yang berada di lingkungan Masjid Baitul Jannah, Klaseman, Malang, Jawa Timur. Pengajian Al Quran yang meliputi belajar membaca dan terjemah/tafsir dilaksanakan setiap hari Senin s/d Jumat pukul 19.30 – 21.00. Lima belas menit sebelum acara dimulai para santri terlebih dahulu dilakukan pengetesan/penderesan materi yang telah diberikan hari sebelumnya.

Sementara untuk pengajian Al Hadits dilaksanakan bakda sholat Subuh setiap Senin s/d Jumat. Materi yang dikaji adalah Kitabusholah, Kitabul Nawafil, Kitabul Da’wat, Kitabul Jannah wannar, Materi Khotbah, Kitabul Adillah, dan lain-lain.

PPM Malang Raya juga mengadakan kelas khusus Bacaan Al Quran. Materi ini disampaikan setiap hari Senin s/d Jumat setelah pengajian Al Hadits. Ada dua kelas dalam materi ini, yaitu Kelas Lambatan dan Kelas Cepatan.

Selain materi Al Quran, Al Hadits, khusus bacaan Al Quran, di pondok mahasiswa ini juga ada kelas Pegon yang diadakan setiap Kamis pagi, setelah pengajian al Hadits.

Materi lain yang tidak kalah menarik adalah latihan ceramah agama yang dilaksanakan setiap Rabu malam, 15 menit sebelum Pengajian Al Qur’an dimulai. Disamping itu masih ada kegiatan ekstra, seperti olahraga, piket kebersihan, bangun pada setiap sepertiga malam yang akhir untuk sholat tahajjud dan doa, berbagai seminar, workshop, studi banding, dll.

Pondok Pesantren Mahasiswa Malang Raya, sebagai lembaga pendidikan Islam akan terus berusaha membentuk insan-insan yang beriman, bertaqwa kepada Allah Swt serta berbakti kepada agama, nusa dan bangsa. Karena untuk mewujudkan suatu masyarakat yang bermoral, berkepribadian, punya daya kreasi, kreatif dan patriotik yang selalu didambakan setiap insan di muka bumi ini, diperlukan pendidikan baik formal maupun non formal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh