Materi Dunia Tak Mampu Memuaskan

Materi Dunia Tak Mampu Memuaskan

Sore hari saya menyetir mobil di jalan yang berkelok-kelok perjalanan antara kota Tasik Malaya dan Garut, duduk di sebelah saya istri yang sedang asik mengamati gerakan mobil Honda CRV yang persis di depan mobil kami, ia memuji-muji mobil CRV dan membayangkannya jika suatu saat memilikinya. Lalu iapun berceritera bahawa manusia demikian perasaan sejahteranya, ketika sedang mengendarai motor membayangkan betapa enaknya orang-orang yang mengendarai mobil, ketika telah mengendarai mobil mulai lagi ada kebutuhan baru, ia menginginkan mobil yang lebih bagus lagi. Iapun berceritera ketika ia masih belum mencapai puncak prestasinya memenangkan berbagai perlombaan rias dari mualai tingkat kabupaten sampai nasional, bahwa sebelum mencapainya rasanya ingin sekali dan membayangkan suatu kebanggaan jika sudah mencapainya, ternyata setelah ia mencapainya sebentar saja dirasakan; pada saat ia ditepuki tangan, diwawancarai wartawan. Setelah 3(tiga) hari berlalu ia merasakannya biasa saja dan timbul kebutuhan baru ingin menjadi juara Asia Fasific.
Aktualisasi menurut Abraham Maslow merupakan kebutuhan berkembang yang tidak akan pernah surut dan terpuaskan kemudian berhenti sampai di sana. Demikianlah nikmat dunia rasanya tidak akan langgeng. Bagi orang yang durhaka yang mendapat kenikmatan tidak disertai dengan rasa syukur, banyaknya hadir kenikamatan berupa kemudahan dan materi dunia membuatnya bosan dan kesepian dalam kehidupan ini, banyak diantaranya kebingungan dan mengaku merasa tidak bahagia dengan keadaanya. Mari kita simak kata-kata artis kondang yang mati kesepian:

Kata-kata terakhir Bob Marley sebelum meninggal : "Money can’t buy life." (kepada salah seorang anaknya) . Bob Marley mati karena overdosis.
Keengganan Elvis untuk menempatkan pena di atas kertas tercermin dalam kalimat pembuka dari catatan. Dia menulis, "Well, aku tidak tahu apa yang membuatku memutuskan untuk menulis surat itu, tapi saya kira itu karena aku begitu rindu dan kesepian." . Elvis mati akibat overdosis.
“Aku mempunyai banyak fantasi yang terlalu banyak sebagai seorang ibu rumah tangga. Aku merasa aku adalah fantasi itu” Keinginan yang sederhana dari seorang yang sangat tenar, ia menghayal ingin jadi ibu alih-alih menikmati keterannya. Siapa yang tak kenal dengan Maryln Monroe? Bagi mereka yang pernah hidup pada era tahun 40-an tentunya mengenal pasti aktris legendaris yang satu ini. Marilyn Monroe adalah seorang model, aktris dan penyanyi papan atas di Hollywood yang juga terkenal sebagai aktris bomseks pada masa itu. Kendati memiliki ketenaran, uang dan popularitas, namun kehidupan Monroe diakui cukup kacau balau. Dirinya ditemukan tewas secara misterius dirumahnya. Mati karena overdosis.
Seandainya manusia diberi dua lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan lembah yang ketiga. Yang bisa memenuhi dalam perut manusia hanyalah tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat. (HR. Bukhari no. 6436)
Bermegah-megahan dengan harta telah mencelakakan kalian.” (QS. At Takatsur: 1).
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnyanakhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.” Surat Al-Ankabut,64). 
Moga bermanfaat, ajkh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh