Rumahku Bagaikan Surga



Rumahku Bagaikan Surga



Di dalam keluarga yang bahagia maka terciptalah potongan surga di dalam dunia.

Nabi Muhammad SAW mempunyai cita – cita untuk menjadikan rumahnya sebagaimana kehidupan di dalam surga. Adapun cara mewujudkan kehidupan yang seperti di surga adalah dengan cara menetapi kwajiban dan menetapi  hak. Antara orang tua dan anak, agar tercipta kehidupan yang harmonis dan bahagia. Adapun keluarga yang baik iyalah keluarga yang bisa saling menghormati, saling menghargai dan mengerti hak dan kwajiban masing – masing. antara anak dengan orang tuanya dan juga orang tua dengan anaknya.


Salah satu kwajiban orang tua tehadap anak ialah mendidik anak, terutama pendidikan tentang agama. Karena apabila salah mendidik, itu akan menyengsarakan orang tua di dunia dan akhirat. Adapun doa anak yang soleh akan menjadikan tambahan pahala bagi orang tua. Alquran telah memerintahkan untuk medidik anak yang baik salah satunya ialah dengan memanggil dengan panggilan yang baik, seperti yang telah di lakukan oleh Nabi Ya’qub.

Didalm kesibukan masing – masing anggota keluarga, hak dan kwajiban harus tetap di kerjakan. Contohnya kewajiban seorang isti harus taat dan menghormat pada suami, meskipun kegiatan mengurus rumah tangga dan anak yang sangat menguras tenaga dan emosi. Selain itu orang tua juga harus mengajari anak lewat perbuatan jangan hanya menyuruh, salah satu contoh iyalah dengan membiasakan berbicara yang baik dan menghiasi rumah dengan lantunan ayat - ayat suci alquran.

Meskipun di dalam rumah tangga ada banyak pemasalah, perselisihan dan cobaan. Cara menghadapi dengan bersabar dan menyelesaikan dengan pemikiran yang jernih. Karena nabi bersabda “anak, istri dan harta kalian itu sebagai cobaan. Maka bersabarlah”. Dan hindari menyelesaikan sesuatu dengan hawa nafsu karena hawa nafsu akan mengarah pada kejelekan dan kerusakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh