Wira Usaha

Wira Usaha


Terkandang dalam memulai berwira usaha timbul rasa takut pada diri kita mulai dari mana, usaha apa, nanti laku tidak dll. memang diantara manusia ada yang di lahirkan dalam keluarga wirausaha, dengan demikian sejak kecil sudah terbiasa dengan nilai nilai kewirausahaan, ada juga di antara kita yang hidup di lingkungan wira usaha misal dalam lingkup pergaulannya banyak dari kelompok dagang maka mau tidak mau akan terbawa jiwa kewirausahaan dari teman keluarga dan lingkungannya.
atau mungkin di antara kita ada yang beruntung mendapatkan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan yang intensif, maka di mungkinkan pola fikirnya sudah berubah menjadi manusia yang mempunyai semangat wirausaha yang tinggi.

Namun demikian tidak semua terlahir dari keluarga wira usaha, tidak semua hidup di lingkungan wirausaha, dan tidak semua yang hidup dalam pendidikan berwira usaha berhasil dalam mempraktekkan kewirausahaannya. jadi tidak usah kecil hati dan harus tetap optimis dan positif dalam berfikir untuk menjadi
pribadi mandiri dalam berwira usaha.
jadi faktor yang pertama perlu di perhatikan untuk memulai wira usaha yaitu adalah motifasi yang kuat dari diri kita, kemudian pola fikir yang tepat untuk masuk dalam dunia wira usaha dan tetap fokus.

Langkah awal dalam wira usaha adalah Gagasan yaitu usaha yang sungguhan bukan khayalan, bukan spekulasi, bukan pula money game ( dakonan )
kedua duanya sangat mudah untuk membedakan usaha real membutuhkan waktu yang lama, berbeda dengan usaha abal abal khayalan dll memang kelihatannya cepat kayadalam waktu yang singkat. usaha ini dalam bahasa yang populer di sebut pelanggaran etika bisnis.

Dalam berwira usaha sebaiknya di sesuaikan dengan kepribadian kita, yang kita sukai atau di sebut juga passion sesuai dengan panggilan jiwa kita, dengan begitu kita tidak mudah bosan dan selalu mengerjakan dengan hati yang senang.
untuk menentukan passion kita kadang juga perlu petunjuk, jadi tidak ada salahnya untuk memunculkan gagasan berwirausaha yaitu menghadiri berbagai pameran, seminar,workshop dll. dan berusaha mengambil pelajaran dan ilmu dari semua itu. ada istilah ATM amati- tiru-Modifikasi) yaitu kita amati cara kerjanya, resikonyapangsa pasarnya Dan kita tiru Gagasannya tempat, dan kita modifikasi produknya.
kita mulai dulu dengan usaha mikro dari skala yang kecil untuk mencari pengalaman dan membaca minat konsumen, apabila sudah ada pengalaman maka akan mudah melangkah pada usaha yang lebih besar.


marilah mulai sekarang kita bangun mimpi kita, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil kecil, gagasan gagasan sederhana, kita menuju kedunia baru,yaitu dunia wira usaha, kita langkahkan diri kita pelan tapi pasti jangan takut jatuh, tetap optimis dan berfikir positip ingat dream, pray dan action,
semoga kita di bukakan  pintu sukses dalam dunia wira usaha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh