Minggu, 03 Januari 2016

Tips mengatasi kerugian dalam berwirausaha

Tips mengatasi kerugian dalam berwirausaha

Kerugian dalam usaha itu sebuah hal yang wajar apakah itu terjadi pada pengusaha pemula maupun yang sudah sukses. Mereka semua takut dengan KERUGIAN. Padahal kerugian tersebut bisa di minimalisir atau cegah dengan beberapa cara. berikut ada 4 tips untuk mencegah kerugian :
1. Manajemen keuangan yang benar
Jika kalian merupakan pengusaha yang tergolong dalam skala besar, anda perlu memiliki yang namanya karyawan yang kompeten dalam bidang manajemen. Namun, jika usaha anda masih tergolong skala kecil maka anda perlu mengelolanya sendiri dengan baik dan benar. Nah yang paling penting dalam sebuah manajemen keuangan yaitu Operasional, Modal, Keuntungan, Biaya sewa, Peralatan, Perlengkapan, dll. Dengan perincian yang mendetail, maka kita bisa mendeteksi dan menghindari kerugian itu sejak awal.

2. Menyiapkan anggaran tidak terduga
Banyak para pengusaha yang terlena dengan hal yang satu ini. Dikala mereka sedang menikmati usaha mereka yang terus mendapat keuntungan, mereka lupa bahwa apa yang akan terjadi pada hari esok. Apakah kita akan terus untung? pakah kita justru akan mengalami hal yang tidak kita inginkan? Maka dari itu kita perlu yang namanya Anggaran Tidak Terduga untuk dibutuhkan sewaktu-waktu saat kita mengalami hal yang tidak kita inginkan.
3. Kalkulasi Harga Jual Sedetail Mungkin
Apabila kita memproduksi sebuah produk, maka hal yang sangat penting adalah mengkalkulasi harga jual produk kita sedetail mungkin. Intinya barang yang kita jual tidak merugikan kita. Karena melihat kondisi pasar saat ini, barang dengan harga jual yang tinggi itu tidak diminati. Konsumen lebih memilih barang yang sama dengan harga yang lebih murah.
Seringkali kita menganggap bahwa biaya kecil seperti biaya listrik, bahan bakar kendaraan, dll. itu tidak berpengaruh terhadap keuangan kita. sehingga kita menjual produk kita dengan harga terlalu murah. memang tidak salah, namun demi menjaga kestabilan keuangan usaha kita harus pintar-pintar mengkalkulasi beberapa harga produk yang pantas, dimana harga dan produk bisa diterima konsumen dan kita.
4. Manajemen usaha yang benar
Tips terakhir ini sangat penting bahkan hampir mencakup semua aspek di dalam usaha. Ilmu manajemen memang harus benar-benar digunakan untuk merintis sebuah usaha. Terlebih jika usaha yang kita jalankan ini masuk dalam kategori usaha menengah ke atas. jika kita jalankan tanpa ilmu manajemen dengan baik, bisa-bisa kita mengalami kerugian, bahkan sampai bangkrut. Manajemen usaha sendiri banyak macamnya, mulai dari manajemen karyawan, modal, keuntungan, bahan baku, dan lain sebagainya.

Jika kita ingin mencari seorang karyawan , maka carilah yang berkompeten dalam bidangnya. intinya dengan manajemen yang tepat dan benar, maka suatu usaha akan berjalan dengan semestinya. Yang terahir adalah doa setiap malam dan setelah shalat lima waktu, minta kepada allah agar memberi kelancaran dan pertolongan dalam usaha.

Tidak ada komentar:

Dialog Antar Umat Beragama Tangkal Perpecahan Anak Bangsa

 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah terus membangun dialog, silaturahim kebangsaan dan penguatan kerukunan umat beragama untuk...