Senin, 04 Januari 2016

Ciri-ciri orang yang suka berbohong

Ciri-ciri orang yang suka berbohong

Orang jujur itu mujur itulah pepatah yang sering kita dengar, dengan kejujuran maka akan mengangkat derajat kita baik di dunia maupun di akhirat, di dunia akan di tunjukan pada perkara-perkara yang baik pula, itulah ajaran Rasulullah SAW kepada umatnya, beliau bersabda :
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا * رواه مسلم
Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Takutlah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.

Pada sebuah penelitian ilmiah orang jujur itu memiliki beberapa tanda khusus yang bisa kita pelajari antara lain :
1.       Cara memandang
Ketika anda mengajukan pertanyaan orang jujur itu memandang ke bawah atau kea rah kiri atas, artinya dia berusaha mengingat kembali kejadian yang sebenarnya sedangkan mata memandang kea rah kanan atas atau kanan bawah biasanya dia berusaha untuk merekayasa suatu cerita.
2.       Gerak-gerik dari mimik wajah
Anda bisa mengetahui tanda kalau dia tidak jujur ketika wajah orang merona merah, hidung melebar dan mata berkedip sangat cepat bahkan nafas tidak teratur biasanya dia sedang mengatur pembicaraan atau rencana bohong.
3.       Bahasa tubuh
Mengetahui bahasa tubuh seseorang juga menjadi pertanda kalau orang itu jujur atau bohong. Tanda-tanda ini akan sangat terlihat ketika dalam keadaan tenang seperti duduk santai, ketika orang yang tidak jujur biasanya sering mengusap wajahnya, meremas tangan bahkan kadang-kadang kakinya banyak bergerak yang bertujuan agar pembicaraan tersebut segera selesai.
4.       Senyuman tulus
Banyak orang yang tersenyum namun tidak tulus, kadang senyum hanya sebagai penghormatan, menutupi rasa kecewa, sedih bahkan untuk menutupi kebohongannya. Orang yang jujur biasanya senyumannya lepas tidak tertahan sedangkan orang yang bohong senyumannya tidak tulus seperti menyeringai.
5.       Cara bicara kurang jelas
Dari cara bicara seseorang kadang terlihat kalau dia itu tidak jujur, seperti bicara terlalu cepat atau terlalu lambat, sendangkan orang jujur kebanyakan bicara dengan jelas bahkan berusaha agar orang yang di ajak bicara itu benar-benar faham apa yang di katakana.
6.       Tidak memperhatikan ketika di ajak bicara
Ada beberapa orang yang di ajak bicara kurang memperhatikan, bahkan berpaling muka, kadang mereka tidak suka atau tidak cocok dengan topik pembicaraan, namun dalam suatu kasus ketika anda sedang memberikan pertanyaan dia membuang muka bahkan tidak berani menatap mata lawan bicara maka itu bagian dari tanda kalau di tidak jujur.

Tidak ada komentar:

Dialog Antar Umat Beragama Tangkal Perpecahan Anak Bangsa

 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah terus membangun dialog, silaturahim kebangsaan dan penguatan kerukunan umat beragama untuk...