Rabu, 06 Januari 2016

Manfaat Si Hitam Manis



Manfaat Si Hitam Manis

Ketika bulan ramadhan tiba, banyak sekali penjual takjil.salah satu takjil yang ada iyalah buah kurma, buah kecil berwana hitam kecoklatan ini menjadi primadona di bulan ramadan sebagai makanan pembuka buka puasa. Buah kurma juga buah favorit nabi muhammad saw, yang mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Adapun zat yang ter kandungan di buah kurma tersebut iyalah fruktosa dan dekstrosa yang mudah di cerna dan cepat untuk mengisi energi. Karena kandungan tersebut, buah kurma bagus untuk makanan pembuka untuk buka puasa.


Kandungan zat gula glukosa atau fruktosa sebesar 70 % ini tidak berbahaya bagi kesehatan, karena zat ini mudah di cerna dan dibakar oleh tubuh sehingga menghasilkan energi yang tinggi. Pada bulan puasa pencernaan kita sering kali bermasalah, dengan adanya buah kurma yang mengandung serat larut, serat tak terlarut dan anti oksidan yang bernama polyphenol. dengan serat tak terlarut, bisa membantu  proses pencernaan dengan mendorong makanan ke saluran cerna. Sedangkan serat telarut berfungsi menurunkan tingkat LDL (Low Density Lipoprophyl) atau kolesterol jahat dalam jantung. selain itu gadar gula juga bisa di turunkan dengan manfaat serat terlarut, sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.

Adapun vitamin yang terkandung didalam buah kurma itu terdiri dari vitamin A, vitamin K, Vitamin B-kompleks. Dengan Vitamin A yang baik untuk mata dan juga melindungi dari kangker paru – paru dan rongga mulut. Adapun vitamin K sendiri berfungsi untuk membekukan darah damn membantu metabolisme tulang. Adapun vitamin B-kompleks membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.
Dengan manfaat yang luar biasa dari buah kurma dan pahala dari sunah makan buah kurma. Tunggu apalagi, mari kita hidupkan sunah dan raih berkah dan manfaat buah kurma.

Tidak ada komentar:

Dialog Antar Umat Beragama Tangkal Perpecahan Anak Bangsa

 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah terus membangun dialog, silaturahim kebangsaan dan penguatan kerukunan umat beragama untuk...