Bangun Pagi Menurut Islam Dan Medis

Bangun Pagi Menurut Islam Dan Medis

bangun pagi yang sehat
Waktu pagi adalah waktu yang mendapat doa barakah dari Rasulullah SAW, rasulpun ketika mengutus bala tentara memilih waktu pagi, selain kita melaksanakan bangun pagi untuk shalat subuh juga medapat kebarakahan pada waktu pagi, perhatikan hadits di bawah ini :
عَنْ صَخْرٍ الْغَامِدِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا». وَكَانَ إِذَا بَعَثَ سَرِيَّةً أَوْ جَيْشًا بَعَثَهُمْ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ «وَكَانَ صَخْرٌ رَجُلًا تَاجِرًا، وَكَانَ يَبْعَثُ تِجَارَتَهُ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ فَأَثْرَى وَكَثُرَ مَالُهُ» قَالَ أَبُو دَاوُدَ: «وَهُوَ صَخْرُ بْنُ وَدَاعَةَ» رواه ابو داود : [حكم الألباني] : صحيح
Artinya : Dari Shokhr Alghomidi dari Nabi SAW bersabda : Ya allah semoga engkau memberi barakah pada umatku di waktu pagi. Dan nabi ketika mengutus bala tentara pada waktu pagi hari. [ shokhr adalah seorang laki-laki pedagang yang kaya raya, dia ketika mengutus dagangannya ketika pagi hari, dan maka di kaya dan hartanya banyak ] abu daud berkata : Shokhr bin wada’ah.
Dengan bangun pagi, tekanan darah yang terjadi saat tidur bisa lekas mengalir normal karena gerak tubuh. Bahkan secara medis, bagun pagi juga dapat mengurangi kecenderungan terserang penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah. Bangun pagi sangat baik karena udaranya masih jernih, tidak karena polusi. Bahkan, kualitas oksigen sangat bagus karena baru terjadi perputaran dari tumbuhan ke manusia. Tidak hanya dari sisi medis, dalam hal lain pun, kita dapat melihat dampak positif dari bangun pagi. Mari kita melihat para tokoh bangsa yang berhasil sukses dalam hidupnya. Kebanyakan dari mereka rata-rata menerapkan kedisiplinan dalam kehidupannya, termasuk dalam hal  beranjak tidur maupun saat bangun tidur. Bangun lebih pagi merupakan saat yang tepat untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan kecerdasan otak. Membaca buku misalnya, bila dilakukan pada pagi hari, otak akan lebih mudah menyerap materi.

Bukan hanya itu, ternyata bangun pada pagi hari juga dapat menyegarkan metabolisme tubuh dan menyehatkan mental. Bahkan, akhir-akhir ini bangun pagi telah diterapkan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi penderita Acquired Immune Deficiency Syndrom ( AIDS ). Ilmuwan dari jerman, Dr. Alexander Browis, bahkan menjadikan sebagai terapi terbaru untuk menguatkan tubuh para pasien penderita AIDS.

Melihat berbagai manfaat yang ada, mengapa masih saja banyak orang yang malas untuk bangun pagi ? Ternyata cukup banyak penyebabnya, yang utama adalah masalah rutinitas pekerjaan yang dilakukan hingga larut malam. Karena itu ada hal penting yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Secara alami jam tidur setiap manusia, mulai dari balita hingga dewasa akan mengalami perubahan. Biasanya balita akan tidur dalam waktu 18 jam setiap hari. Kemudian, usia 2-3 tahun berkurang menjadi 12 jam. Anak usia sekolah SD/SMP membutuhkan tidur selama 10-12 jam, sedangkan usia SMA membutuhkan tidur selama 8 jam. Kemudian untuk kalangan orang tua di atas lima puluh /50 hanya membutuhkan tidur selama 4 jam.
Nah saat ini, anda termasuk ke dalam kategori usia yang mana ? tinggal anda sesuaikan dengan rutinitas anda, dan anda pun bisa menikmati nikmatnya bangun pagi. Tidak sulit bukan ? lago pula bangun pagi itu sehat kok.

Tips agar tidak malas bangun pagi :

1.    Minumlah air putih segera setelah bangun tidur
2.    Biarkan sinar fajar masuk
3.    Beri sedikit pijatan di wajah
4.    Gambarkan harimu sejenak
5.    Lihatlah sesuatu yang berwarna

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh