Kegiatan warga ldii pada waktu iktikaf

Kegiatan warga ldii pada waktu iktikaf malam lailatul qadar

pengertian iktikaf
Sahabat ldii Kediri bagaimana saudara kita melaksanakan iktikaf, Sebagaimana kita ketahui pada 10 malam yang akhir bulan ramadhan allah membagi qadarnya seluruh manusia untuk satu tahun kedepan, para malaikat turun ke dunia sehingga malam penuh dengan keselamatan. Orang yang beibadah di 10 malam yang terahir kemudian menjumpai kejadian tersebut maka ia mendapat pahala sebagaimana ibadah selama 1000 bulan. Dengan imbalan itu orang -  orang islam termasuk warga ldii melaksanakan iktikaf di masjid – masjid ldii seluruh Indonesia baik di kota sampai masjid ldii yang ada pinggir gunung, maka tidak di pungkiri lagi bulan ramadhan ini adalah bulan pertaruhan keimanan kita, seberapa kemampuan, kesemangatan kita dalam beribadah sebab pada bulan puasa setan benar-benar di rantai oleh allah atau gerak mereka tidak di beri idzin untuk menggoda anak turun nabi adam.

Cara Warga LDII Meraih Lailatul Qadar Ketika Iktikaf Di Masjid

Kegiatan ini adalah rutinitas ldii iktikaf di masjid ketika memasuki 10 malam terahir di bulan ramadhan, setelah selesai melaksanakan shalat tarawih ada yang kegiatanya meneruskan tadarus di setiap majlis taklim, ada juga yang di isi pengajian makna keterangan alquran atau alhadist kemudian di teruskan dengan tadarus masing-masing warga ldii. Biasanya kegiatan ini di selingi ada yang shadaqah makanan, jajanan dan lain-lain yang tujuanya mendapat kebarakahan fahala di bulan ramadhan dan agar supaya tetap terjaga sampai subuh. Kegiatan di ldii sangat menyenangakan penuh persaudaraan bila ada sebagian warga ldii yang tidak mampu melaksanakan kewajiban maka sebagian yang lain membantu bahkan jamaah ldii yang mempunyai rizki lebih mereka suka memberikan shadaqah pada yang jamaah yang kurang mampu. Di pojok masjid ada adik-adik cabe rawit bersama mubligh dan mubalighotnya untuk mengikuti pengajian khusus dari para Pembina mereka. Yang sudah usia lanjut mereka sibuk dengan dzikirnya kemudian yang muda-muda berlomba-lomba dalam mengkhatamkan tadarusnya, ada yang sudah khatam 7 kali ada yang lima kali bahkan sampai tulisan ini terbit ada yang belum khatam, ayo ngaku,,.
Memang bulan ramadhan waktunya panen pahala bagi kita semua, di antara keistimewaan bulan ramadhan adalah :
·         Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al Qur’an
Bulan ramadahan ini oleh allah di tentukan bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Al Qur’an diturunkan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ * سورة البقرة 185
Artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.
·         Setan Dibelenggu, Pintu Neraka Ditutup dan Pintu Surga Dibuka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ
Artinya : Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.
·         Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan
Pada bulan ramadhan ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah –yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan- saat diturunkannya Al Qur’anul Karim.
Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3
Artinya : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).
·         Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu mustajabnya Do’a
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ
Artinya : Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.
Maka tidak salah kalau ldii mencanangkan panca sukses ramadhan yaitu :
1.       Sukses puasa
2.       Sukses baca al-quran
3.       Sukses shalat malam / tarawih
4.       Sukses lailatul qadar
5.       Sukses zakat fitrah
Dengan adanya program panca sukses ini maka kita bersama – sama untuk berlomba-lomba sukses mendapat panen pahala yang banyak.aamiiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh