Bau Badan Di Jamin Hilang

Penyebab Bau Badan

Bau Badan Di Jamin Hilang, Mengontrol Bau Badan

Sahabat LDII Kediri, Bagaimana caranya menghilangkan bau badan / ketiak?? saya sudah berusaha memakai deodoran / pun cara tradisional..tapi tdk ada yg berhasil.. saya malu jk sdg b'komunikasi dgn org lain,,jd nya risih. dan merasa di rendahkan. saya bingung hrs apa lagi. keluarga saya tdk ada yang seperti saya ini. pdhl saya sdh prnh meminta ibu saya mendoakan saya supaya ga bau. tp tetap sj ga berhasil. pdhl bukankah doa ibu itu dikabulkan?? saya hrp anda dpt memahami. saya mohon kiranya anda dpt membantu memecahkan masalah sy ini. saya minta mungkin ada kiat2 khusus/cara tradisional/doa2 khusus nya?
Berikut jawaban dari : dr. Putri Anugrah Rizki, Dosen Fak.Kedokteran Univ. Muhammadiyah (Ciputat)

Dari mana bau badan timbul?

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang bernama kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di hampir seluruh permukaan kulit. Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tidak hanya berfumgsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh namun juga berguna untuk mengatur suhu tubuh. Kelenjar apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus dan kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif setelah remaja dan keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan emosi. Keringat apokrin mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.


Ada banyak cara untuk mengatasi bau badan. Cara yang termudah adalah mandi 2 kali sehari untuk menghilangkan keringat dan bakteri. Mengingat kebersihan adalah musuh utama bakteri, pastikan seluruh tubuh terutama ketiak dan lipatan tubuh dibersihkan dengan optimal.

Membersihkan rambut ketiak baik dengan dicukur atau dicabut -namun dicabut merupakan cara yan terbaik- akan membantu mengurangi bau badan. Hal ini disebabkan rambut ketiak dapat menahan keringat dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri untuk melakukan proses penguraian. Bedak talk atau bedak tabur juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi bau badan. Bedak mampu menyerap keringat sehingga bakteri tidak bisa menguraikannya.

Cara yang paling umum digunakan adalah menggunaan deodorant dan antiperspirant. Deodoran mengandung antiseptik yang menekan pertumbuhan bakteri, sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dapat mengurangi keringat yang keluar. Sekarang tersedia banyak produk yang sekaligus mengandung deodorant dan antiperspirant. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang cocok dan aman bagi kulit.

Perhatikanlah makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa kandungan makanan yang dapat memicu bau badan, misalnyabawang putih, bawang merah, cabai apalagi jengkol dan pete. trus produk susu juga bisa mempengaruhi ketajaman bau badan seperti keju. Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang dapat mengatasi bau badan secara alamiah misalnya lalapan daun kemangi atau rebusan air daun sirih,atau mengkonsumsi jamu kencur wangi dan kunyit asem.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh