Amanah Dalam Islam

Amanah Di Perebutkan

Sahabat LDII Kediri yang kami cintai, tahun 2013 adalah banyak orang berlomba-lomba siap mengemban amanah, mereka berusaha mencari simpati, baik dengan cara-cara jahat ( black kampanye ) maupun dengan cara yang jujur ( white kampanye ). 
Definisi Amanah Dalam Islam
Namun sebagian besar dari mereka menggunakan kampanye hitam baik membeli suara, alasan member bantuan dan lain-lain. Bagi yang masyarakat pra sejahtera itu adalah anugerah. Jarang deh ada orang yang mau bagi-bagi rizki, kalau nggak musim kampanye atau pilihan kepala desa. Ada yang mengatakan mending pilihan kepala desa dapat Rp.600.000,00 per kepala dari pada kita pilihan presiden nggak dapat apa tapi BBM tetep naik. Itulah sebagain komentar dari mereka yang jiwa dan budaya konsumtifnya masih mengakar.


Amanah Allah Kepada Manusia

Sahabat LDII Kediri yang kami cintai, kembali kepada pembicaraan kita tentang amanah, kita tentu ingat dengan ayat :
إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا * سورة الاحزاب 72
Artinya : Sesungguhnya aku mendatangkan amanat kepada lagit, bumi dan gunung kemudian mereka menolak untuk menanggung amanah, dan kemudian manusia menanggung amanah tersebut sesungguhnya manusia itu menganiaya dan bodoh.
Amanah yang paling besar kepada manusia adalah ibadah kepada allah ( menyembah hanya kepada allah ). Sebagaimana di firmankan oleh allah SWT :
وَما خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ *سورة الذاريات 56
Artinya : Aku tidak menjadikan jin dan manusia kecuali supaya menyembah kepadaKu ( Allah ).
Menurut sababu nuzul surat al-ahzab ayat 72 di atas bahwa langit, bumi dan gunung di beri tawaran amanah untuk beribadah kepada allah, bila mereke sukses maka akan masuk kedalam surga dan jika mereka tidak bisa mengemban amanah tersebut maka ancamannya adalah siksaan di neraka kekal abadi selama-lamanya. Ketika ancaman tersebut d bacakan pada mereka lantas langit, bumi dan gunung menolaknya. Saat itu manusia yang tidak masuk tender proyek ibadah dari allah, mengajukan diri kepada allah bahwa mereka siap untuk menanggung amanah tersebut. Maka allah mengatakan manusia itu menganiaya dan bodoh. Mulai saat itu sudah menjadi ketetapan bahwa setiap manusia yang lahir hidup berarti dia di alam arwah sudah siap melaksanakan kewajiban ibadah kepada allah.
إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا ... الاية  * سورة النساء 58
Artinya :  Sesungguhnya allah memerintahkan pada kalian agar mendatangkan amanah kepada ahlinya amanah.

عَنْ سَمُرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم قال: "أَدِّ الْأَمَانَةِ إِلَى مَنِ ائْتَمَنَكَ، وَلَا تَخُنْ مَنْ خَانَكَ" * رَوَاهُ الْإِمَامُ أَحْمَدُ
Artinya : Dari Samurah, Rasulullah bersabda “Datangkanlah amanah pada orang yang member amanah kepadamu dan janganlah mengkhianati orang yang mengkhianatimu.
Jadi bila kita bagi amanah itu ada dua, yaitu amanah dari Allah dan Amanah sesama anak Adam. Amanah Allah adalah beribadah kepadaNya, dan amanah sesama anak adam adalah kepercayaan Ibnu adam kepada kita.

Ancaman Bagi Orang Yang Tidak Amanah

Orang yang tidak bisa menjaga amanah dari allah maka akan mendapat kekalnya siksaan di akhirat. Demikian juga ketika dia tidak bisa menyampaikan amanah sesama ibnu adam maka dia termasuk sifat dari golongan orang-orang munafik, sedangkan tempat orang munafik adalah neraka.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ * سورة الانفال 27
Artinya : Hai orang-oran yang beriman janganlah kalian mengkhianati allah dan rasul dan janganlah mengkhianati amanat kalian sedangkan kalian mengetahiunya.
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: "آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ: إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ * رواه البخاري
Artinya : Dari rasulullah beliau bersabda “tanda-tanda munafik ada tiga yaitu ketika cerita dia dusta, ketika janji menyelisihi dan ketika di percaya khianat.

إِنَّهُ سَيُفْتَحُ لَكُمْ مَشَارِقُ الْأَرْضِ وَمَغَارِبُهَا، وَإِنَّ عُمَّالَهَا فِي النَّارِ، إِلَّا مَنِ اتَّقَى اللَّهَ وَأَدَّى الْأَمَانَةَ" * رواه احمد
Artinya : Sesunguhnya timur dan baratnya bumi akan di buka untuk kalian, dan sesungguhnya pemimpinnya akan masuk kedalam neraka kecuali orang yang takwa dan menyampaikan amanah.
Sahabat ldii Kediri yang kami cintai, tentu kita sudah bisa menggaris bawahi bahwa amanah adalah sesuatu yang penting dan tidak bisa di jual belikan. Bahkan amanah harus di sampaikan tidak boleh di khianati… apakah kalian siap menanggung amanah ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh