Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh

Perjalanan Ibadah Tawaf dan Umroh

Tata Cara Umroh
Ibadah haji dan umroh semuanya melalui kegiatan ibadah tawaf di baitullah, rangkaian dari tawaf adalah berputar mengelilingi baitullah sebanyak tujuh kali putaran di lanjutkan sholat sunnah thoaf sebanyak dua rakaat di belakang maqom ibrahim. Tawaf di mulai dari hajar aswad dengan mengecup atau mengusap atau isyarah sambil membaca takbir ( allahu akbar / bismillah allahu akbar ) lalu berputar kearah kanan menuju rukun yaman dengan membaca doa : Subhanallah walhamdulillah walaailahaillalloh wallohu akbar walahaula wala quwwata illa billah.
setelah sampai di rukun yaman ( pojok ka'bah yang mengarah ke yaman ) sambil membaca takbir lalu berjalan menuju hajar aswad dengan membaca doa :
Allohumma inni asalukal afwa walafiata fiddunya wal akhiroh robbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar.
Pekerjaan atau amalan ini di kerjakan sebanyak tujuh kali putaran berakhir dia hajar aswad, setelah selesai lalu menuju belakang maqom ibrohim untuk melaksanakan  sholat sunnah thoaf dua rokaat, dan sebelum sholat membaca :
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم – بسم الله الرحمن الرحيم – واتخذوا من مقام إبراهيم مصلى
Pada rokaat pertama sunnahnya membaca surat alkafirun dan rokaat kedua sunnahnya membaca surat al-ikhlash. sesudah sholat bebas membaca doa yang di kehendaki.

Perlu di ingat bahwa orang yang mengerjakan thowaf harus dalam keadaan suci dan punya wudhu apabila di tengah pekerjaan thowafnya batal maka putaran yang telah di kerjakan tetap di hitung dan setelah wudhu menambah kekurangan hitungan putaran thowafnya dan di mulai dari dia batal atau mungkin terdesak sehingga terlempar/berhenti jauh dari posisi sebenarnya, demikian juga ketika terputus dengan sholat wajib.
Ibadah Umrah
Ibadah umrah adalah mendatangi ka’bah untuk melaksanakan thowaf, sai sofa marwah dan di akhiri dengan cukur gundul / menggunting rambut kemudian lukar.
Penjelasan praktek umrah
1.    Mandi seperti mandi jinabat
2.    Berpakaian ihrom
3.    Sholat dua rokaat di miqot
4.    Membaca niat umrah, contoh : لَبَّيْكَ اللهَ عُمْرَةً
5.    Membaca talbiah mulai dari miqot sampai hajar aswad ( dalam perjalanan menuju masjidil harom ) لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ
6.    Melaksanakan tawaf di baitullah di lanjutkan sholat sunnah thowaf dua rokaat di belakang maqom ibrohim.
7.    Mengerjakan sai sofa marwah
Sebelum menuju bukit sofa di sunahkan mengecup / mengusap / isyaraoh pada hajar aswad, dan ketika akan naik bukit shofa membaca :
اعوذ بالله من الشسطان الرجيم – بسم الله الرحمن الرحيم – إن الصفا والمروة من شعائر الله
Di atas bukit berdiri menghadap baitullah dan berdoa :
الله اكبر الله اكبر، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ أَنْجَزَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ
Artinya : (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, Tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Tiada Tuhan yang ber-hak disembah selain Allah Yang Maha Esa, yang melaksanakan janjiNya, mem-bela hambaNya (Muhammad) dan menga-lahkan golongan musuh sendirian.)
Di ucapkan tiga kali dan boleh ditambah doa-doa lain.
Kemudian turun dari bukit sofa menuju bukit marwah. Ketika sampai di tempat bekas banjir lari kecil / ngincik sambil berdoa : رب اغفرلي وارحم ( وأنك ) الاعز الاكرم
8.    Di bukit shofa mengerjakan seperti yang di kerjakan di bukit sofa.
Perjalanan dari bukit shofa sampai bukit marwah di hitung satu kali, demikian pula dari bukit marwah ke bukit sofa di hitung satu kali, begitu seterusnya sampai tujuh kali, berarti hitungan ketujuh berakhir di bukit marwah.
9.    Cukur gundul / menggunting rambut kemudian lukar.
Demikianlah rangkaian perjalanan ibadah tawaf dan umrah dalam islam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewajiban Bersyukur

Tri Sukses Generus LDII